Aset Tetap Part 1 (PSAK No.16 – 2011)

Definisi

Aset tetap (Fixed Asset) adalah aset berwujud yang:

1. Dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa, untuk

direntalkan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administrative.

2.  Diperkirakan untuk digunakan selama lebih dari satu periode.

 

Pengakuan

Biaya perolehan aset tetap diakui sebagai aset jika:

1. Kemungkinan besar perusahaan akan memperoleh manfaat ekonomik masa depan dari aset

tersebut.

2. Biaya perolehannya dapat diukur secara andal.

Suku cadang dan peralatan pemeliharaan biasanya dicatat sebagai persediaan dan diakui dalam laba rugi pada saat dipakai. Namun demikian, suku cadang utama dan peralatan siap pakai memenuhi kriteria/definisi aset tetap ketika perusahaan  memperkirakan akan menggunakan aset tersebut selama lebih dari satu periode. Sama halnya jika suku cadang dan peralatan pemeliharaan yang hanya bisa digunakan untuk aset tetap tertentu, hal ini juga dicatat sebagai aset tetap.

Aset tetap dapat diperoleh untuk alasan keamanan atau lingkungan. Perolehan aset tetap tersebut, walaupun tidak secara langsung meningkatkan manfaat ekonomik masa depan dari aset tertentu yang ada, mungkin diperlukan bagi perusahaan untuk memperoleh manfaat ekonomik masa depan dari aset lain. Aset tetap tersebut memenuhi kriteria sebagai aset tetap. Misalnya Pabrik Kimia menginstalasi proses penanganan kimiawi baru dalam rangka memenuhi ketentuan lingkungan yang berlaku dalam produksi dan penyimpanan zat kimiawi berbahaya, Instalasi ini diakui sebagai aset.

Perusahaan tidak mengakui biaya perawatan sehari-hari aset tetap sebagai bagian dari aset tetap tersebut, biaya tersebut diakui dalam laba rugi pada saat terjadinya. Biaya perawatan sehari-hari terutama terdiri dari biaya tenaga kerja dan bahan habis pakai termasuk suku cadang kecil.

Bagian tertentu aset tetap mungkin perlu diganti secara periodik, Misalnya : Tungku pembakaran perlu diganti lapisannya setelah digunakan selama jam tertentu, demikian juga interior pesawat terbang yang perlu diperbarui beberapa kali selama umur rangka pesat. Perusahaan mungkin juga memperoleh komponen aset tetap tertentu untuk melakukan penggantian yang tidak terlalu sering, atau melakukan penggantian yang tidak berulang. Sesuai dengan prinsip pengakuan, perusahaan mengakui biaya penggantian komponen aset tetap sebagai aset tetap.

Sumber : PSAK 16 (2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s