Properti Investasi Part 2 (PSAK No.13 – 2011)

Contoh Properti Investasi

  1. Tanah yang dikuasai dalam jangka panjang untuk kenaikan nilai dan bukan untuk dijual dalam jangka pendek dalam kegiatan usaha sehari-hari.
  2. Tanah yang dikuasai saat ini yang penggunaannya di masa depan belum ditentukan (apabila perusahaan belum menentukan penggunaan tanah sebagai properti yang digunakan sendiri atau akan dijual untuk dalam jangka pendek dalam kegiatan usaha sehari-hari, maka tanah tersebut diakui sebagai tanah yang dimiliki dalam rangka kenaikan nilai).
  3. Bangunan yang dimiliki oleh perusahaan (atau dikuasai oleh perusahaan melalui sewa pembiayaan) dan disewakan kepada pihak lain melalui satu atau lebih sewa operasi.
  4. Bangunan yang belum terpakai tetapi tersedia untuk disewakan kepada pihak lain  melalui satu atau lebih sewa operasi.

Pengakuan Properti Investasi

Properti investasi diakui sebagai Aset jika dan hanya jika :

  1. Besar kemungkinan manfaat ekonomis di masa yang akan datang dari aset yang tergolong properti investasi akan mengalir ke dalam perusahaan; dan
  2. Biaya perolehan properti investasi dapat diukur dengan andal.

Pengukuran Properti Investasi

Properti investasi pada awalnya diukur sebesar biaya perolehan. Biaya transaksi termasuk dalam pengukuran awal tersebut.

Biaya perolehan awal hak atas properti yang dikuasai secara sewa dan dikelompokkan sebagai properti investasi mengacu pada PSAK 30 Sewa, dimana aset diakui pada jumlah mana yang lebih rendah antara:

–         Nilai wajar properti, dan

–         Nilai kini dari pembayaran sewa minimum.

Pengukuran setelah pengakuan awal :

  1. Properti investasi yang dikuasai dalam sewa operasi yang diklasifikasikan sebagai properti investasi  menggunakan fair value method.
  2. Properti  investasi yang nilai wajarnya tidak dapat ditentukan secara andal atas dasar berkelanjutan menggunakan cost method.

Properti investasi selain kedua kriteria diatas boleh memilih menggunakan cost method atau fair value method.

Sumber : PSAK 13 (2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s